Bahasaku Bahasa Indonesia!


“Negaraku, Bangsaku, dan Bahasaku itulah aku!”

Hi friends,

Sebagai bangsa Indonesia, sudah seharusnya kita menggunakan bahasa Indonesia. Tapi sayangnya, sekarang ini kita lebih suka menggunakan bahasa Inggris/bahasa asing lainnya saat bergaul. Lihat saja status kita di Facebook, Twitter, ataupun di jejaring sosial lainnya. Mau bilang “Lagi di jalan saja kita lebih suka menulis “On the way”. Hmm, kenapa bisa begitu ya?

Dan kenyataannya…

Sadar atau tidak sadar pasti banyak diantara kita yang lebih suka menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia. Padahal menurut DR. Maria Josephine Mantik, M.Hum, ketua Program Studi Indonesia FIB Universitas Indonesia, masih ada kenyataan lainnya, nih:

  1. Bahasa campur aduk. Sering menggunakan bahasa asing sebenarnya bagus karena bisa sekalian belajar. Sayangnya, bahasa asing dalam pergaulan masih banyak salah pengucapan, penulisan, dan lain-lain. Bahkan suka dicampur sama bahasa gaul seperti bahasa Alay. Jadi, terlihat asal-asalan.
  2. Fenomena Sekolah Internasional. Sekarang sekolah berstandar internasional bertambah banyak. Akhirnya bikin bahasa Inggris semakin trend dan orang-orang pun berlomba ingin terlihat fasih bahasa Inggris agar terlihat pintar. Sehingga membuat bahasa Indonesia semakin jarang digunakan alias mulai ditinggalkan.
  3. Bahasa Inggris harus bagus. Mungkin karena bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari, jadi kalau salah ucap kita nggak peduli. Sedangkan kalau bahasa Inggris salah ucap, kita malu banget. Padahal, kan seharusnya kita perlancar bahasa Indonesia dulu, baru kemudian bahasa asing.

Hebatnya Bahasa Indonesia

Mungkin kita sudah sering mendengar fungsi dan keunggulan bahasa Indonesia dari pelajaran yang kita dapat di sekolah. Nah, kita ingat lagi yuk tentang kehebatan bahasa Indonesia agar kita pun semakin bangga menggunakannya:

  1. Pemersatu bangsa. Yup, bahasa Indonesia juga disebut sebagai bahasa pemersatuan. Sadar dong kalau ada banyak suku bangsa yang tersebar di kepulauan Indonesia ini. Dan masing-masing suku bangsa punya bahasa daerah sendiri. Berkat bahasa Indonesia, semua suku bangsa itu bisa saling komunikasi.
  2. Panjang sejarahnya. Bahasa Indonesia termasuk bahasa yang cukup tua umurnya dan mengalami banyak revolusi. Itu menunjukan bahasa Indonesia memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan banyak peristiwa penting.
  3. Tenar di luar negeri. Bahasa Indonesia terkenal lho di negara lain. Ada sekitar 40 negara di dunia yang mempelajari Bahasa Indonesia di sekolah, mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, di antaranya adalah Jepang, Kanada, Vietnam dan Australia. Hebat, kan? Nah, kita ngga mau kalah dong sama negara lain? Oleh karena itu, sebagai pemilik bahasa Indonesia sudah seharusnya kita memperdalam dan memperlancar bahasa Indonesia.

Mereka Bangga

Warga beberapa negara di bawah ini sudah membuktikan betapa mereka bangga akan bahasa nasionalnya. Perilaku mereka patut kita contoh!

  1. Perancis. Warga Perancis terkenal sangat bangga sama bahasa nasionalnya, sampai mereka nggak mau bicara bahasa lain selain bahasa Perancis. Bahkan di Perancis pun ada institusi khusus yang bernama Academie francaise yang tugasnya mengawasi penggunaan bahasa nasional di kalangan warganya.
  2. Jepang. Bagi warga Jepang, bahasa nasional mereka adalah jati dirinya sebagai bangsa Jepang yang kuat dan terhormat.
  3. Jerman. Kebanggaan warga Jerman akan bahasanya terlihat dari para pejabat pemerintahannya yang hanya mau menggunakan bahasa Jerman ketika diwawancara oleh wartawan asing. Bahkan komunitas warga Jerman yang tinggal di Amerika Serikat pun lebih suka menggunakan bahasa Jerman daripada bahasa Inggris.

Jadi, belajar bahasa asing memang bagus dan sangat berguna. Namun, kita tidak boleh melupakan bahasa nasional kita sendiri, karena itulah jati diri kita.

“Mari kita bangun negara dan bangsa yang berbudaya melalui bahasa Indonesia!” ^^

One Response to “Bahasaku Bahasa Indonesia!”

  1. dika Says:

    inspirasi yang bagus :)

    i like it :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: