Jaga Kesehatan Matamu


Hi Friends,

Sadar nggak kalau mata itu adalah salah satu aset tubu yang paling penting? Bayangkan, kalau nggak ada mata, kita nggak akan bisa melihat indahnya dunia ini kan?? Makanya, kita wajib banget nih menjaga mata kita supaya tetap sehat. Aku punya beberapa tips nih untuk menjaga mata. Semoga bermanfaat..

  1. PERIKSA DULU.

    Sebelum mulai merawat mata, kita harus kenali dulu gangguan yang bisa dialami oleh mata kita. Diantaranya:

    1. Mata Lelah

      Mata juga bisa lelah loh. Mata kita bisa merasa lelah bila terlalu sering bekerja keras. Misalnya, terlalu lama di depan komputer atau kurang tidur. Tanda-tandanya seperti ini:

  • Daerah seputar mata terasa pegal atau pedih
  • Mata berair
  • Ada kantung mata
  • Tidak tahan terhadap cahaya

Nah, kalo tanda-tanda di atas mulai terasa, lebih baik kita mengatasinya dengan:

  • Mengistirahatkan mata. Kita bisa melihat objek lain jika kita mulai merasa mata pegal atau berair
  • Lakukan relaksasi mata. Buka mata lebar-lebar, lalu tanpa menoleh lirikkan mata ke kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing selama satu detik.
  • Kalau ada kantung mata, kompres dengan teh celup bekas atau irisan timun.
  1. Iritasi mata

    Udara yang nggak bersih bisa ikin mata kita rawan terkena iritasi loh. Apalagi tanpa sadar kita sering mengucek mata ketika mata kita kemasukan debu. Bisa semakin parah loh iritasinya. Nih dia tanda-tanda kalau mata kita terkena iritasi:

  • Mata berwarna merah
  • Terasa gatal, perih atau panas
  • Banyak keluar kotoran mata

Untuk mengatasinya kita bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Bersihkan mata dari kotoran dengan air rebusan daun sirih. Pertama-tama, rebus daun sirih, lalu airnya kita saring. Setelah itu, rendam mata kita di air rebusan daun sirih.
  • Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata, karena mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi jangka panjang loh. Hati-hati ya.
  1. Gangguan Penglihatan

    Mata kita juga bisa mengalami gangguan. Gangguan-gangguan yang biasa dialami adalah rabun jauh, rabun dekat dan mata silinder. Nah, sebaiknya periksa ke dokter mata kalau kita sudah mulai mengalami tanda-tanda gangguan penglihatan, seperti:

  • Sering sakit kepala atau pusing saat melihat satu titik
  • Pandangan jarak jauh atau dekat terlihat kabur
  • Mata berkunang-kunang

Nah, kalo tanda-tanda di atas sudah muncul dan dokter sudah memastikannya, mau tidak mau kita harus memakai alat bantu yaitu kacamata. Tapi kita bisa membantu mengurangi gangguannya dengan rutin melakukan senam mata dan mengubah kebiasaan buruk kita seperti membaca sambil tidur.

  1. JAGA SEBELUM RUSAK

    Nggak enak banget kan kalau mata kita mengalami masalah? Makanya, mulai sekarang rajin-rajinlah menjaga kesehatan mata. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Nah, disini aku punya beberapa cara yang bisa dilakukan. Ini dia:

    1. Hentikan kebiasaan mengggosok-gosok mata, apalagi dengan tangan kotor. Kalau ingin membersihkan mata, gunakan saja air dan sapu tangan.
    2. Saat menonton TV, menggunakan komputer atau membaca buku, harus di ruangan yang cahayanya bagus dan posisi jangan terlalu dekat.
    3. Pakai sunglasses ketika berada di tempat yang panas dan berdebu agar mata kita terlindungi.
    4. Manjakan mata dengan mengistirahatkannya sesering mungkin. Misalnya, sehabis bermain komputer, coba pejamkan mata selama 5 menit agar mata kita rileks.
    5. Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Terutama yang berwarna kuning, oranye dan hijau seperti wortel, pepaya dan brokoli. Jenis buah dan sayur ini kaya vitamin A,E dan C yang bagus untuk mata.
    6. Rajin memeriksakan mata ke dokter, setidak-tidaknya 1 tahun sekali.
  2. SENAM MATA

    Cara lain untuk membuat mata kita tetap sehat adalah dengan melakukan senam mata. Senam mata ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kita bisa melakukannya saat bersantai. Gerakan-gerakannya sebagai berikut:

    1. Kepala tegak lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke atas, kemudian melihat ke lantai.
    2. Kepala tetap lurus ke depan. Lalu gerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga.
    3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata di atas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan kanan atas.
    4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakan bola mata ke kiri bawah dan kanan bawah.
    5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan. Dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lalu teruskan dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.
    6. Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Berhenti sebentar dan pejamkan mata selama 5-10 detik. Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali.

    Lakukan gerakan-gerakan senam mata ini secara perlahan-lahan sebanyak 5-10 kali.

  3. JUS SEHAT BUAT MATA

    Kalau kita sedang bosan makan sayur dan buah yang bagus untuk penglihatan, kenapa nggak dicoba jus aja. Enak dan sehat.. dijamin bikin ketagihan deh.. :P

    Ni contoh jus yang bisa kalian buat.

    MIX JUICE MILKSHAKE

  • Bahannya

    4 buah wortel

    2 buah tomat

    1 buah apel

    150 ml susu tawar rendah lemak

    1 sendok teh madu

    Es batu

  • Cara pembuatan

    Potong-potong buah-buahan lalu masukan ke dalam blender. Masukan juga susu, madu dan es batu. Lalu campur dan haluskan semua bahan. Setelah halus langsung dimium selagi dingin.

Nah friends, sekian tips dari aq. Semoga dapat bermanfaat. Ayo jaga mata kita.. :D

15 Responses to “Jaga Kesehatan Matamu”

  1. dikzz Says:

    good but copas dari mana niiiii?? :)

  2. dika Says:

    yuppph sama-sama :)

    kayaknya saya mesti banyak belajar dari kamu deh :D

  3. andhikatriza Says:

    tapi gimana caranya? kan belum kenalan :(

  4. andhikatriza Says:

    emang iya sii hehe :D

  5. tatyfriendly2013 Says:

    Makasih dede ini bermanfaat bgt buat kak yg kerjanya d depan laptop tiap hari… Oh iya untuk mix juicenya bisa Gak pake susu soalnya kak Gak suka susu… Kak biasanya mix juicenya wortel dengan water melon…tuh gpp yah dede???

    • Laura Bernadeta Says:

      haloo ka, senang bisa membantu :) kalo susu sebenernya buat kasih rasa aja ka, biar jadinya milkshake.. klo semangka bisa aja sih, cuma emang semangka ga ada pengaruhnya sm mata.. tp sebagai pengganti bole2 aja kok ka :)

  6. tatyfriendly2013 Says:

    Dede bisa Gak mix juicenya tuh pake wortel d mix dengan semangka.. Soalnya Kak Gak bisa mnm susu..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: