Menyelamatkan bumi from A to Z


Friends, tau ngga kalau dalam kurun waktu seratus tahunterakhir, suhu bumi meningkat sebesar 0,6°C, dan diperkirakan bakal meningkat lagi sebesar 1,4-5,8°C di tahun 2050 nanti. Dan akibatnya, permukaan laut akan naik sampai 20 kaki gara-gara es di kutub mencair. Berbagai spesies hewan dan tanaman akan punah, dan penyakit menular semakin banyak. Duh, kira-kira gimana ya cara menyelamatkan bumi yang paling mudah? Soalnya, bumi kan luaaasss banget, dan hidup kita cuma menghabiskan sebagian kecil bumi ini…

Don’t panic guyz! Tetap berpikiran positif bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan. Percaya deh, kita nggak butuh superhero kayak superman ato batman untuk menjaga bumi dari kerusakan. Nih, aku punya cara-cara dari A to Z yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita…

Akrabkan diri dengan binatang langka. Saat ini mereka semakin susah hidup karena habitatnya rusak akibat manusia loh. Bayangkan, laju kepunahan mereka saat ini 10 hingga 100 kali lebih cepat dari kepunahan alamiah loh. Sadis ya? Kita bisa bergabung dengan organisasi pelestariannya, ikut kampanye atau kunjungan langsung ke penangkarannya.

Buang sampah sesuai tempatnya. Bukan sekadar tidak membuang sampah sembarangan, tetapi buanglah sampah sesuai dengan jenisnya. Pisahkan antara sampah plastik, kering atau basah. Dengan membuangnya di tempat yang benar, kita membantu tanah untuk mengurai sampah.

Cermati tanda ramah lingkungan di produk. Misalnya, berapa kali sebuah botol bisa di recycle, jadi kita harus tahu apa yang harus dilakukan saat ingin mendaur ulang produk itu.

Dandan alami dengan menghindari produk yang merusak ozon. Misalnya, mengurangi pemakaian hairspray kalau mau ke pesta dan menghindari produk ber-CFC (Cholorofluorocarbon) lainnya. Kandungan CFC dalam satu semprotan hairspray bisa nyangkut di atmosfer selama 20 tahun dan merusaknya.

Efektifkan pemakaian listrik. Tahu nggak, pemborosan listrik 160 watt per hari sama dengan melepas emisi 43 kg CO2 per tahun di bumi ini. Karena listrik dibangkitkan dengan tenaga bahan bakar fosil (minyak dan batubara). Makanya, biasakan matikan lampu setelah meninggalkan ruangan, cabut charger handphone dari stop kontak setelah selesai dan matikan komputer sekaligus screennya.

Fight for coral reef. Alam bawah laut juga butuh perhatian kita, lho. Ikutan program penangkaran terumbu karang, biar ekosistem laut tetap seimbang.

Gotong royong dua kali dalam sebulan. Bersihkan selokan dan lingkungan bareng tetangga sekitar kita. Kalau di lingkungan rumah nggak ada acara bersih-bersih, kenapa nggak kita bikin saja bareng keluarga? Selain menjadi langkah jitu untuk mencegah banjir, sekalian jadi contoh baik untuk tetangga kita kan?

Hemat air dimanapun kita berada. Pakai shower saat kita mandi, matikan air saat kita sedang menggosok gigi, dan buka kran saja kalau mau cuci tangan. Bisa juga kita gunakan air genangan untuk menyiram rumput atau tanah yang gersang.

Internet sebagai sarana kirim undangan ulang tahun atau laporan panitia pensi biar hemat kertas. Tapi jangan kelamaan browsing juga, nanti listriknya mahal!

Jadi cantik dengan masker daur ulang. Misalnya dengan menghancurkan kulit buah tertentu, seperti jeruk, pepaya atau alpukat.

Kumpulkan semua fashion stuff kita dan sobat, lalu bikin garage sale! Pastinya ini cara paling fun untuk daur ulang kan? Atau biar lebih beramal, kita berikan saja pada orang yang nggak mampu.

Lupakan kebiasaan menggunakan styrofoam untuk menyimpan makanan. Saat ultah atau pertemuan keluarga, gunakan piring melamin saja, dibanding styrofoam yang sekali buang. Selain berbahaya buat kesehatan, styrofoam juga nggak ramah sama bumi.

Modifikasi benda yang sudah tidak terpakai jadi sesuatu yang berguna. Misalnya, kaleng minum jadi tempat pensil, atau tempat handphone. Butuh keterampilan sih. Tapi demi kebaikan bumi, semua pasti bisa dilakukan dong?

No to plastic bag. Tas plastik membutuhkan waktu 1000 tahun untuk bisa diurai, sementara kurang lebih 300 juta kantong plastik dibuang orang di Indonesia setiap tahunnya. Biasakan untuk bawa tas belanja dari rumah. Kalau terpaksa, beli plastik yang organik, biar tetep ramah lingkungan. Tersedia di supermarket dan toko tertentu kok.

Organik jadi gaya hidup. Pilih makanan yang terbuat dari bahan organik. Selain bikin sehat, bahan organik juga lebih ramah lingkungan karena bebas dari pestisida dan bahan pengawet. Siapa tahu, karena makin banyanknya orang yang mengkonsumsi bahan organik, jadi memicu produsen makanan untuk meninggalkan pestisida dan pengawet.

Pakai kertaas sampai titik penghabisan. Penghematan kertas ini berguna untuk kelangsungan hidup hutan kita, lho. Jadi mengurangi penggunaan kayu, yang jadi bahan dasar kertas. Cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan print kertas bolak-balik dan memanfaatkan sia kertas menjadi notes.

Q is for quality of electronic stuffs. Maksudnya, beli barang elektronik yang baterainya rechargeable. Selain lebih berkualitas, kita juga meminimalisir sampah baterai yang susah diurai tanah.

Rajin bikin lubang resapan biopori di halaman rumah. Caranya dengan melubangi tanah sedalam 10 cm, lalu isi dengan sampah organik. Lubang resapan biopori ini akan membantu tanah menyerap air dan mencegah banjir.

Sisihkan sedikit uang jajan untuk menyelamatkan bumi. Kita bisa menyumbangkan tabungan kita ke yayasan peduli lingkungan seperti WALHI, Greenpeace atau website ahmettsalina.com

Tanam sejuta pohon. Baik itu di halaman rumah, sekolah, atau menyumbangkan bibit pohon pada dinas taman kota. Karena pohon adalah sumber oksigen, penyerap air hujan dan penyerap polusi udara alami.

Ubah rumah jadi lebih dingin! Bukan dengan AC atau kipas angin lho, tapi dengan bikin jendela hijau. Apa itu? Yaitu meletakkan tanaman gantung di jendela kita. Pertukaran udara jadi lebih bagus, ramah lingkungan pula.

Vehicle loves earth. Cari kendaraan alternatif buat jalan-jalan seru. Bike to school bisa jadi pilihan asyik. Atau ikutan komunitas sepeda sekalian, lalu ikutan program jalan-jalannya tiap weekend. Badan jadi sehat, dapat teman baru, bumi pun ikut senang!

Work on small scope. Berharap akan membuat bumi jadi lebih hijau sih oke. Tapi jangan terlalu muluk. Mulailah dari diri sendiri, keluarga, sobat, dan pacar. Biarkan mereka meneruskan kebiasaan hijau ini ke lingkungannya.

X-formula can save the earth. Maksudnya, setiap penghuni alam ini punya peran tersendiri untuk menyelamatkan bumi. Tinggal gimana kita mencari x-formula tersebut dan memanfaatkannya. Misalnya, kita bisa meredam polusi udara dengan pohon markisa, atau menanam pohon bintaro dan bambu untuk menyerap karbondioksidanya.

Yes untuk produk lokal. Barang impor ternyata menghabiskan BBM dan meningkatkan efek rumah kaca. Akibatnya bumi jadi panas! Sebagai awal, kita bisa mulai dengan mengkonsumsi buah sesuai musim dan belanja di department store lokal.

Zero emission is the best! Kurangi pelepasan gas karbon dari kendaraan bermotor dengan naik kendaraan umum. Mau bebas macet? Bangun lebih pagi di saat kemacetan belum dimulai.

That’s all friendzzz..

Semoga berguna ya buat kalian…

Cintai bumi kita..

Hidup pun terasa nyaman…

8 Responses to “Menyelamatkan bumi from A to Z”

  1. ikhwan Says:

    Good Articels . Ditnggu ea kejutan”nya ..
    he.. he ..

  2. rafie Says:

    wuih…
    keren…
    ola bisa aja nulis nya ^^…
    lanjutin..
    bikin yg lebih bagus lagi ia

  3. fhadila25 Says:

    ijin copas boleh nggak sist??? buat aku sebarin juga ma teman2 ,,, biar alam kita selalu terjaga… ^_^

    thx..

  4. Muhammad Ikhwan Says:

    hooh . bner . khwan jugga mwu izin coppas yo ,.
    mwu di jadiin artikel di skolah . spya manusia bs sadar untuk save our earth


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: