Who Needs Sleep, Anyway?


Pendidikan kedokteran sudah sering diartikan seperti “trying to drink from a fire hose”. Terlalu banyak informasi yang diberikan dan banyak sekali tuntutan dalam ujian, jam malam, presentasi dan penelitian yang bisa membuat kita berpikir bahwa tidak ada waktu yang cukup untuk menyelesaikan itu semua. Jika kita ingin memiliki kehidupan personal atau keluarga, seringkali kita berpikir bahwa selain memotong waktu tidur kita, kita tidak akan bisa mendapatkannya. Terutama di saat puncak kesibukan, seperti sebelum ujian-ujian penting, sidang atau presentasi, akan sangat menggiurkan untuk melakukan begadang sepanjang malam atau mungkin membatasi dengan keras waktu tidur hingga hanya selama satu atau dua jam. Beberapa orang mungkin akan berargumen bahwa hal tersebut adalah persiapan yang baik untuk panggilan yang tak terelakan yang akan terjadi pada saat residensi nantinya. Namun, sebenarnya sekarang lah saatnya untuk belajar menyeimbangkan itu semua dengan cara yang produktif dan sehat. Read the rest of this entry »

Healthy and Yummy Breakfast for Breakfast Haters


Hi hi, apa kalian termasuk orang yang ga suka sarapan? Kalo iya ini dia solusinya. Sarapan-sarapan sederhana dan mudah ini bisa menambah nafsu makan kalian untuk terbiasa sarapan loh. Biasanya apa sih yang bikin kalian ga suka sarapan? Ngga merasa lapar di pagi hari? Terburu-buru dengan waktu? Ingin menurunkan berat badan? Tenang aja, ada solusinya kok. Mulai dari bubur pai apel penambah energi dan telur dadar penuh protein, sampai green smoothie kaya nutrisi dan granola bars bebas gula. Read the rest of this entry »

Life is a choice.


Hidup itu pilihan.

Pilihan untuk berkata ya atau tidak. Pilihan untuk melakukan atau tidak melakukan. Pilihan-pilihan dalam merangkai mozaik kehidupan.

Pilihan tidaklah selalu mudah. Di kala manusia dihadapkan dengan masa depan atau orang-orang terkasih, seringkali pilihan sulitlah yang datang.

Namun hidup tetaplah pilihan. Dan ada harga yang harus dibayar untuk setiap pilihan. Tetapi, jika untuk meraih sesuatu yang lebih baik, bukankah harga itu adalah sesuatu yang pantas?

Meskipun berarti kita harus rela berkorban karenanya…

Life is a journey.


We create our own journey, go through it and make some memories throught it. Whether it’s a meaningful journey or only a wasteful one, it really depends on us.

We can fill it with laughter, gratefulness, happiness and success. Or we just can fill it with anger, complaint, sadness and failure. It’s really your choice to make up. Your mind is the one who control it.

So, which one do you choose? A good journey or a bad journey? Cause, at the end of the journey, you can’t go back again to the start and it’s one in a lifetime choice.

Bolehkah Dokter Berdemo Mogok?


A/N: Saat menjalani blok humaniora, saya sebagai mahasiswa fakultas kedokteran mempelajari banyak hal, termasuk etika biomedis. Saya bersama mahasiswa lain berdiskusi mengenai masalah demo mogok dokter ini dalam salah satu pertemuan kami. Dan ini hanya merupakan refleksi pribadi saya, dan tidak mencerminkan pandangan mahasiswa kedokteran ataupun dokter secara keseluruhan. Saya hanya ingin berbagi pandangan dan menyampaikan opini saya mengenai kasus ini. Semoga dapat menambah wawasan anda yang membacanya dan terima kasih :)

Tahun 2013, masyarakat dan dunia kesehatan kembali digemparkan dengan berita seorang chief resident (calon dokter sepsialis yang sedang menjalani pendidikan tahun terakhir) bernama dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani beserta kedua rekannya, yaitu dr. Hendi Siagian, dan dr. Hendry Simanjuntak, yang divonis 10 bulan penjara oleh Mahkamah Agung. Dokter Ayu dan kedua rekannya dilaporkan atas tuduhan malpraktek bahkan dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

Read the rest of this entry »

Valentine


Not a red rose or a satin heart.

I give you an onion.
It is a moon wrapped in brown paper.
It promises light
Like the careful undressing of love.

Here.
It will blind you with tears
Like a lover.
It will make your reflection
A wobbling photo of grief

I am trying to be truthful

Not a cute card or a kissogram

I give you an onion.
Its fierce kiss will stay on your lips,
Possessive and faithful
As we are,
For as long as we are.

Take it.
Its platinum loops shrink to a wedding-ring,
If you like.

Lethal,
Its scent will cling to your finger,
Cling to your knife.

By Carol Ann Duffy

Read the rest of this entry »

Kekuatan Berpikir Positif


Hi friends,

Kalian pasti tau dong cerita tentang mentalis yang membengkokkan sendok? Atau mungkin cerita tentang orang yang mematahkan sumpit dengan satu jari? Pasti heran dong gimana caranya. Sebenernya rahasia di balik itu semua cuma satu: KEKUATAN PIKIRAN.

Yup. Kekuatan pikiran merupakan KEKUATAN DAHSYAT yang selalu membentuk kehidupan kita. Pada keadaan normal proses pembentukan ini akan terjadi dalam pikiran bawah sadar kita, namun sangatlah mungkin bagi kita untuk melakukan proses tersebut secara sadar. Meskipun usulan tersebut terdengar cukup aneh; ga ada ruginya bagi kita untuk mencobanya; sebaliknya kitaanda akan memperoleh banyak hal. Dan dalam melakukannya, acuhkan apapun pendapat orang lain tentang diri kita ketika kita ingin mengubah pola pikir kita.

Caranya mudah kok. Read the rest of this entry »